Cari

Memecah Sunyi Aziza

Perjalanan Untuk Bisa Mendengar dan Berbicara

Tag

tuli sangat berat

Memahami Resiko Implan Koklea dan Antisipasinya

Aziza berjalan di depan poster implan koklea di RSCM

Ada info salah soal implan koklea bahwa anak bisa gila, sakit menjerit-jerit, membuat bodoh, susah menghafal, sangat berbahaya dan lainnya. Karena itu implan koklea harus dilarang. Ada juga penolak implan lain mencontohkan anak pemakainya yang gagal mendengar dan bicara. Di sisi lain dunia medis internasional sudah mengakuinya dan lebih dari setengah juta orang di dunia pemakai implan sudah terbantu. Seberapa bahaya sih? Saya pun wawancara khusus dengan Dokter Harim Priyono Sp.THT-KL yang sudah mengoperasi sekitar 310 pasien implan di Indonesia .

Continue reading “Memahami Resiko Implan Koklea dan Antisipasinya”

Iklan

Syuting Aziza

IMG_3414

Seharian ini Aziza menjalani syuting dari jam 9.30 pagi sampai jam 4 sore. Pengambilan gambar dilakukan oleh tim pembuat video dari Sydney, Australia. Mereka merekam aktifitas keseharian Aziza bersama keluarga dan anak-anak tetangga. Sungguh pengalaman baru buat kami sekeluarga.

Continue reading “Syuting Aziza”

ULTAH PAKNE

IMG_2589.JPG

Selama ini aku banyak mendengar, melihat dan dicurhati pasangan-pasangan yang berat menghadapi kondisi anak mereka yang berkebutuhan khusus. Ada ortu yang tak kuat terima kenyataan lantas mengalami gangguan kejiwaan, ada yang sedih berlarut-larut, ada yang menyembunyikan anaknya, ada yang menitipkan pada ortu di lain kota, ada yang cekcok sama pasangan tak harmonis lagi, hingga tak jarang ada yang cerai 😭. Yang kupikirkan cuma satu, bagaimana anak mereka? πŸ˜”

Continue reading “ULTAH PAKNE”

Menyiapkan Anak Tuli Untuk Menghadapi Bullying

Bullying bisa terjadi di mana saja pada siapa saja misalnya terhadap yang lemah atau berbeda. Banyak cerita anak tuli atau tuna rungu pun menjadi korban bullying entah di sekolah, di lingkungan rumah atau di mana saja. Berikut ini saya tuliskan pengalaman beberapa anak tuna rungu jadi korban bullying di sekolah dan cerita orang tua menyiapkan anaknya menghadapinya.

Kayla Angelene yang masih berumur 12 tahun bercerita pengalamannya dibully di sekolahnya. Dia mengalami gangguan pendengaran sangat berat di kedua telinganya dan mendapatkan implan koklea di tahun 2008.

Continue reading “Menyiapkan Anak Tuli Untuk Menghadapi Bullying”

Makeup Artist

Aziza sering melihat ibunya berdandan. Biasanya dia pun ikutan dandan di wajahnya sendiri. Tapi semalam dia ingin mendandani emaknya. Hehe. Baiklaaaah, nurut saja sambil ngobrol. Aziza saat ini sudah mulai bisa diajak dialog pendek. Hasilnya? hehehehe kayak orang bengkak-bengkak wajahnya..

Untuk anak tuna rungu, keluarga harus sering mengajak bicara, memberi tahu kosakata baru, meminta menirukan dan bertanya untuk melatih anak mengingat kata serta mendorong spontanitas. Latihan mendengar dan bicara ini bisa dilakukan dalam kegiatan apapun: memasak, berkebun, mencuci baju, mencuci piring, bersih-bersih rumah, merawat binatang dan lainnya. Buat semua orang tua, tetap semangat ya 😊

Membaca Buku Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Verbal Anak Tuna Rungu Pemakai ABD atau Implan koklea

Mendongeng atau membaca buku bersama anak tuna rungu sangat penting untuk melatih pendengarannya dan meningkatkan kemampuan bahasanya. Sudahkah kita rutin membaca buku bersama anak? 😊 Atau malah jarang karena anak susah diajak baca buku? Atau malah orang tuanya yang sibuk? 😭

IMG_0771
Aziza menumpuk buku yang selesai kami baca berdua. Dengan cara ini, Aziza akan berusaha terus dan terus menambah buku yang dibaca bareng. 😊

Continue reading “Membaca Buku Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Verbal Anak Tuna Rungu Pemakai ABD atau Implan koklea”

Latihan Mendengar dan Berbicara (Sharing Pengalaman Aziza)

Alat bantu dengar (ABD) atau implan koklea hanyalah alat. Kalau sudah mendengar, berikutnya bagaimana? Alat hanyalah alat, anak tak bisa otomatis langsung bicara. Kemampuan mendengar dan berbicaranya harus dilatih mengejar ketertinggalannya. Berikut ini saya tuliskan apa yang kami lakukan sekeluarga bersama Aziza, sejak awal pemakaian alat baik ABD atau implan koklea.

Semua yang saya lakukan sekeluarga berdasar petunjuk terapisnya yaitu kak Ellen dan juga dari beberapa panduan Auditory Verbal Therapy (AVT) yang saya baca misal dari Warren Estabrooks atau dari bahan-bahan dari internet dan juga diskusi dengan orang tua anak tuna rungu lain. Saya tak akan menjelaskan teori AVT karena bisa dicari sendiri. 😊 Saya tuliskan praktek yang kami lakukan bersama Aziza.

IMG_0436
Aziza saat awal memakai ABD. Foto diambil Oktober 2016 di Ecopark, Jakarta.

Continue reading “Latihan Mendengar dan Berbicara (Sharing Pengalaman Aziza)”

Beda ABD dan Implan Koklea

Dengan adanya kemajuan teknologi, orang yang terlahir tuli, tiba-tiba kehilangan pendengaran, atau menua sehingga menurun pendengarannya kini bisa mendengar. Seperti anak saya, Aziza yang terlahir tuli dengan derajad gangguan sangat berat tapi saat ini bisa mendengar dengan bantuan implan koklea. Sebelumnya dia sempat memakai ABD super power 2,5 bulan saat persiapan implan. Ada banyak yang bertanya pada saya apa bedanya implan koklea dan ABD. Karena itu saya tuliskan tentang keduanya.

Continue reading “Beda ABD dan Implan Koklea”

(((((Habis))))

Saat ini Aziza memakai implan sudah 13 bulan lebih 2 minggu. Aziza kalau minumannya habis, makan habis, toples kosong, uang habis, baterai mainannya habis atau baca buku sudah sampai halaman terakhir pasti langsung bilang “HABIS” 😍. Alhamdulillah. Biasanya langsung kuajarin ngomong 2 -3 kata nyambung dengan kata spontannya. πŸ™†

Denger suara anak itu bahagia banget loh.. Nah buat yg masih ngeluh hidupnya, coba deh dengerin suara anaknya dan dihayati hehe. Bersyukurlah gak harus melewati jalan panjang seperti Aziza dan anak-anak berkebutuhan khusus lainnya. Untuk bisa mengucap satu kata sempurna saja bukan hal mudah 😊. (NB: aziza main ginian cuma sebentar kalau malam aja 😊)

Tips Memilih Implan Koklea

Begitu banyak yang bertanya pada saya bagaimana tips dan caranya memilih implan koklea yang terbaik buat putra-putrinya. Hal ini sungguh bukanlah hal mudah. Berikut ini saya tuliskan beberapa tipsnya tanpa bermaksud mengiklankan salah satu brand.

Continue reading “Tips Memilih Implan Koklea”

Perlunya Cek Ling Six Sound Setiap Hari

Untuk mengoptimalkan kerja Alat bantu dengar (ABD), implan koklea, atau BAHA, pengecekan kemampuan alat perlu dilakukan rutin. Pengecekan sebaiknya tidak usah menunggu Aided FFT (Free Field Test) per 3 bulan. Sebaiknya pengecekan dilakukan tiap hari melalui tes Ling Six Sound sederhana yang bisa dilakukan sendiri.

Continue reading “Perlunya Cek Ling Six Sound Setiap Hari”

Suara Untuk Genaro, Sebuah Kado Ulang tahun

Tanggal 20 Januari 2018 adalah hari bersejarah buat Genaro Abyakta Manaf. Tepat seminggu sebelum ulang tahunnya yang ke-2, Genaro menjalani implan koklea di kedua telinganya di RSCM Kencana. Sebuah kado ultah yang menjadi awal baru hidupnya untuk bisa mendengar dengan implan koklea. Berikut ini foto-foto perjalanan genaro dari sebelum implan hingga dibuka perbannya. Semoga Genaro bisa segera mengejar ketinggalannya dan menjadi anak yang hebat nantinya. Amiiin.

IMG_9649
Hari Jumat (19/1), Genaro berangkat dengan riang gembira dari Bogor menuju RSCM 😊.

Continue reading “Suara Untuk Genaro, Sebuah Kado Ulang tahun”

Dikelola oleh WordPress.com.

Atas ↑