Ricky Alfred (21 tahun) lahir tak bisa mendengar atau biasa disebut tuna rungu. Ini kisah perjalanannya mendengar dengan implan koklea. Ricky dioperasi di Singapura tahun 2000 saat umur 3 tahun. Saat itu operasi implan memang belum ada di Indonesia. Implan koklea telah dipakai Ricky selama 18 tahun dan mendukung proses belajarnya. Kini dia kuliah di Universitas Pelita Harapan. Implan juga tak menghambat Ricky melakukan hobinya main basket dan nge-drum.

Orang tua Ricky yaitu Jayandi Surya dan Agnes yakin Tuhan menunjukkan kuasanya sehingga mereka dimudahkan jalannya menuju implan, begitu pula proses sesudahnya. Mereka mengeluarkan tabungan dan menjual mobil kesayangan saat itu. “Harta bisa dicari setelahnya, tapi anak ini waktunya tak bisa ditunggu,” kata Jayandi.

Mereka juga tak lupa bahwa dulu mendapat keyakinan implan setelah sharing dengan keluarga lain. Karena itu, mereka pun terbuka soal Ricky. Banyak juga keluarga lain yang sharing dan bertanya pada mereka dan juga Ricky. Semua diterima dengan baik di waktu senggang.

“It’s time to give back. Mungkin ini cara Tuhan memakai kami untuk mendukung keluarga yang lain juga,” kata Agnes. #ImplanKoklea #TunaRunguMendengar #TunaRunguBicara