IMG_1164

Hari ini, 25 Februari 2018 adalah ulang tahun ke-61 sejak operasi cikal bakal teknologi Implan Koklea di dunia dilakukan. Pertama kalinya implan dilakukan 25 Februari 1957 oleh dokter bedah telinga Charles Eyries bersama ilmuan lainnya di Paris.

Saat itu alat tidak berfungsi dengan optimal. Alat membantu pemakai pertama itu mendengar ada suara, tapi tidak bisa jelas untuk memahami percakapan. Alat dilepas kembali untuk diteliti. Uji coba pertama kali itu memberi harapan baru bagi orang dengan gangguan tuli sangat berat untuk bisa mendengar. Hal itu memicu pengembangan lain teknologi implan koklea. Penelitian dan pengembangan terus dilakukan dari dulu alat berbentuk besar, hingga sekarang ukuran kecil dan ringan.

Saat ini diperkirakan ada sekitar 1 juta orang pemakai implan koklea di dunia. Implan koklea adalah keajaiban Tuhan melalui keajaiban teknologi di dunia medis. Begitu banyak anak yang terlahir tidak bisa mendengar karena gangguan dengar sangat berat kemudian bisa mendengar dan bisa berbicara. Begitu banyak orang dewasa yang tiba-tiba kehilangan pendengaran misal karena sakit atau kecelakaan bisa mendengar lagi.

Happy International #CochlearImplantDay 2018 buat para pemakai implan koklea, dokter THt, audiologist, hearing center, therapist dll.