Banyak yang bertanya dan japri aku tentang bagaimana pola makanku. Aku memulai perlahan sejak awal 2018, bertahap tentunya. Kejadian sahabat baikku almarhumah Mbak Wulan Anggraeni benar-benar membuka mataku. Dia juga yang terus memotivasi dan memberikan ilmu-ilmunya. Sungguh ilmu yang bermanfaat adalah amal jariah yang tak putus bukan? Jadi, selama ini kalau aku kadang posting di fb atau instagram soal diet sehat, itu bukan untuk menguruskan badan sih ya. Tapi memberi asupan yang baik buat tubuh. Soal turun, itu bonus. Turun syukur, enggak ya nggak apa-apa 😬.

Sumber dari Google

Buatku, diagnosa dokter spesialis Obgyn yanh terakhir masih kayak keajaiban banget. Masih susah percaya kistaku tak ada. Tapi di depan mataku pemeriksaan diulang-ulang pakai usg dalam..

Nah yang kulakukan selama 4 bulanan ini hasil belajar ke sana sini dan hasil proses belajar mengubah secara bertahap. Ini kondisi ideal pas tidak tergoda makanan lain ya. Saat piknik keluar kota susah banget mempertahankan ketat. Selama ada pilihan sehat, ya aku berusaha pilih yang sehat. (Kecuali saat memang gak ada pilihan, tergoda dan lagi suntuk trus butuh makan yang menyenangkan hati hehe🙈)

Jadi ini yang kulakukan:

– Tiap pagi bangun tidur sebelum wudhu subuhan selalu minum air putih dengan perasan lemon sedikit aja. (Jangan banyak-banyak, apalagi buat yang asam lambung tidak kusarankan. Jadi air putih saja cukup. Kumur-kumur biar kecampur enzim di mulut yang diproduksi saat kita tidur lalu telan..
– Nasi putih ~> ganti beras jagung (banyak di pasaran)/ nasi merah/ muesli/ oat/ biji-bijian dicampur (kacang merah, kacang hijau, lentil)

Sumber dari Google

– Stop susu sapi biasa ~> ganti susu almond atau susu kedelai tanpa gula
– Stop gula pasir ~> dulu aku ketergantungan gula. Dalam artian tiap 3-4 jam harus mengkonsumsi apapun yang manis. Kalau enggak, rasanya kayak perokok yg gak merokok. Hidup gak lengkap, ada yang kurang, gak bisa mikir oke, janting dag dig dug gak enak, gelisah kayak orang single nunggu kelasih hati gak datang-datang hehe 😝. Nah kl pengen manis makan buah atau ngemil aneka buah kering (blackberry, cranberries, apricot, dll), atau makan yogurt.
– Stop gorengan ~> kuganti pakai goreng tanpa minyak di airfryer. Sekeluargaku semua makan yang sama juga. Semua makanan, non tumisan ya, masuk ke airfryer.
– Buat sari jus / cold pressed juice buah tiap hari.. gonta ganti. Sehari ngejus 3-5 kg buah buat sendiri/ keluarga. (Oya untuk memilik slow juicer, cari yang tanpa mata pisau dan rpm atau angka putarannya rendah agar putaran mata pisau yang kencang dan panas tak mengurangi kandungan buah dan sayur. Jadi Makin rendah rpm, makin bagus)
– buat rendaman infused water tiap hari buat campuran air putih. Urutannya tiga hari berturut-turut diulang: rempah, buah, sayur. Aku ngikuti #resepJSR dari dokter Zaidul di Instagram dan di fb.

BE333E21-4E62-4566-BFCF-93405E530D7F
Infused water buatankuuuu hehe

– Minum chia seed tiap hari buat campuran air putih/ kalau lidah pengen ngemil dibuat puding.
– Kalau pengen minum anget, aku ngeteh daun kelor dan teh daun sirsak. Bukan yang bubuk, tp bentuk daun diseduh. Selain itu juga kadang-kadang kalau niat ya minum rebusan jahe, lemon, sereh, bawang putih.
– Minum madu 1 sendok sehari, entah kucampur minum atau langsung
– Makan ikan laut. Aku menghindari ikan darat karena kondisi kistaku. Nggak harus ikan mahal seperti salmon. Yang penting ikan laut 😊
– Beneran stop indomie ~> ganti mie singkong
– Stop micin, stop saus, stop makanan berpengawet di kaleng
– Stop minuman bersoda.
– Kalau ingin ngunyah yang kriuk-kriuk, aku makan biji bunga matahari atau biji labu atau almond.
– Oya, aku berusaha tidak makin daging merah alias daging kambing atau sapi..
– Eh aku juga minum jamu ya, hehe jamu kunyit asem. Kalau kunyit putih kubuat infused water. Aku gak tahan sama rasa pengarnya kalau diparut dan direbus kayak jamu. Yang jelas, kunyit putih bagus..

Khusus untuk pil aku minum habbatussauda dan vitamin minyak ikan merk blackmores.

Di luar itu aku banyak sedekah dan minta doa. Aku inget pesen temenku, “kita tak pernah tau lewat doa mana Tuhan mengabulkan permintaan kita. Jadi, banyak-banyaklah minta doa selain berdoa sendiri.”

Kalau mau sharing atau tanya japri yaaa: 081282032922

ABEF004C-8B3A-4C6B-A3CF-0C740B3817C0
Sumber dari Google
Iklan