Anak ini tuli/ tuna rungu. Duluuuuu sebelum pakai implan koklea nggak bisa meniru suara apapun, bahkan sekedar meniru bunyi A. 😊 Dulu bisa bersuara, tapi tak beraturan dan tak bermakna sepatah katapun. Dia cenderung diam membisu alias MUTE. Dulu saat disuruh meniru bersuara huruf A, dia melihat mulut orang lain, lalu mangap tanpa suara. 😊 Lantas dulu kami ajarin megang leher biar merasa getaran suara A di leher. Untuk bersuara dia harus ancang-ancang dan keluarnya suara perut tidak natural sangat ngebass dan berat.. (Dengar suaranya segitu saja, kami dulu dah senang banget hehe 😍)

Dengan implan koklea dan terapi Auditory Verbal Therapy, sekarang Aziza bisa bersuara natural, berbicara dan tak harus melihat bibir tapi fokus mendengar. Aziza bahkan nyaris bisa membaca. πŸ˜πŸ’ƒ Setiap hari dia terus belajar membaca dan kami selalu bersama-sama membaca buku bergambar kapan pun, di mana pun. Di setiap kamar di rumah, di tas, di mobil selalu ada buku. Pokoknya baca, baca dan baca apapun. Seperti di video ini saat nunggu mas-masnya les. πŸ™†

Alhamdulillah Aziza makin nambah kemampuan membacanya. Tapi memang masih terus dan terus butuh latihan melancarkan membaca 😍😍.

Ini video 6 menitan, dia baca sampai huruf Z. Ada huruf yang dia kesulitan mengucap yaitu F, K dan R. Suaranya sudah menyerupai tapi masih tipis belum tegas. Akan ada saatnya dia bisa mengucap semua itu. Sama halnya dulu tak bisa mengucap A. Bahkan butuh waktu 9 bulan paska implan untuk bisa mengucap i, atau 11 bulan untuk bisa mengucap huruf S 😊 .

Pokoknya Alhamdulillah banget sekecil apapun kemajuannya.. Bersyukur dan terus bersyukur..

Silahkan Lihat Videonya di sini

#implankoklea
#kiki
#tunarungumendengar
#tunarungubicara
#tuli