Setelah 9 bulan memakai implan, ikut Auditory Verbal Therapy (AVT) dan terus latihan, Aziza akhirnya bisa mengucap huruf “S”. 😊. Rasanya senang setiap ada kemajuan yang baru. Sungguh bahagia itu sederhana. ❤️

Untuk mengajarkan Aziza mengucap huruf ‘S’, kami tak bosan ngoceh ngajak ngomong Aziza. Kami gunakan tiga kata kerja dan benda yang berbeda untuk melatih bersuara ‘S’. Mainan yang kami pakai adalah mainan ular untuk mengajarkan kosakata ular yang berbunyi mendesis tipis ‘sssssss’ . Kami pakai boneka dan tempat tidur untuk mengenalkan aktifitas tidur, plus mengajarkan suara ‘sssshhhh’ (huruf ‘S’ lebih tebal suaranya). Satu lagi dengan mengajarkan agar tenang atau diam dengan suara ‘sssssttt’ sambil meletakkan jari telunjuk di mulut.

Selama 9 bulan memakai implan, Aziza tak bisa bersuara ‘ssssss’ , ‘ssshhh’ atau ‘sssst’. Yang keluar dari mulutnya adalah ‘effffff’ hehehe. Emaknya bingung ‘S’ kok jadi ‘F’ itu kan jauh banget hehe.. Setelah sekian lama latihan, akhirnyaaaaa dia bisa mengucapkan suara ‘s’ dan juga mengucapkan dalam kata ‘bis’, ‘mas’, ‘pipis’, ‘es’ , ‘habis’ secara spontan 😊😊.

Saat ini Aziza baru bisa mengucap huruf ‘S’ yang berdiri sendiri, di tengah atau di akhir kata. Kalau di depan kata masih belum bisa. Untuk menyebut ‘susu’ dia biasa mengucapkan ‘U U’. Kalau belum benar, kami  mengulang dan ngasih contoh dengan penekanan ‘S’. Tapi keluarnya masih ‘UUS’ hehehehehe..

Ini videonya Aziza nyuruh tenang.. “Sssssst”